Obama Ingin Tingkatkan Kerjasama IPTEK Dengan RI

Obama Ingin Tingkatkan Kerjasama IPTEK Dengan RI


Serpong, (tvOne)

Presiden Amerika Serikat (AS), Barrack Obama menyampaikan keinginannya untuk terus meningkatkan kerja sama di bidang ilmu dan teknologi (IPTEK) dengan Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Duta Besar AS untuk RI, Cameron R Hume saat menyampaikan pesan Obama dalam acara pertemuan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan komunitas iptek Indonesia di Gedung Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) kompleks Pusat Penelitian Ilmu dan Teknologi (Puspiptek) Serpong, Rabu (20/1).

"Seperti yang telah saya katakan di Kairo, tantangan global yang kita hadapi harus diselesaikan lewat kemitraan yang didasarkan pada kepentingan bersama, rasa saling menghargai dan prinsip keadilan dan kemajuan yang sama-sama kita miliki," katanya seperti dikutip Dubes Hume.

Obama dalam pesannya mengatakan, iptek memiliki peran yang penting dalam menghadapi tantangan di masa depan dari mulai perubahan iklim hingga pelestarian keanekaragaman biologis. "Itu sebabnya Amerika Serikat telah mengambil langkah-langkah untuk berinvestasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi dalam negeri dan mengambil komitmen pada ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bagian kunci kerja sama global," pesan Obama.

Presiden AS menambahkan untuk tujuan itu maka dibentuk utusan khusus di bidang iptek untuk mengunjungi sejumlah negara dan mengajak kerja sama. "Seperti anda ketahui, saya menghabiskan beberapa tahun masa kecil saya di Indonesia dan Indonesia memegang tempat khusus di hati saya. Banyak yang dapat dilakukan oleh Indonesia dan Amerika bersama-sama," tegas Obama dalam pesannya.

Obama juga memuji kepemimpinan SBY atas pendekatan aktifnya terhadap kerja sama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Sementara itu Presiden SBY sebelum menyampaikan pandangannya di depan komunitas iptek Indonesia di Puspitek Serpong mengatakan, menyambut baik ajakan Obama dan menilai kerja sama di bidang iptek penting bagi kedua negara. "Iptek menjadi bagian penting. Insya Allah kemitraan bisa diwujudkan dalam kunjungan Presiden Obama ke Indonesia tahun ini," kata Presiden.

Presiden SBY, Rabu siang pukul 14:00 WIB, bertemu dan menyampaikan pandangan dengan komunitas ilmu pengetahuan dan teknologi yang tergabung dalam Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI). Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah kalangan seperti Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie, mantan Mendikbud Wardiman Djojonegoro, para peneliti dan Duta Besar Cameron R Hume. Hadir dalam acara tersebut, Ibu Negara Ani Yudhoyono dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu. (Ant)

0 Response to "Obama Ingin Tingkatkan Kerjasama IPTEK Dengan RI"

Posting Komentar