Kejahatan Dunia Maya Microsoft, Adobe, Oracle Siapkan Tambalan

Satu tambalan keamanan penting dari Microsoft ini untuk Windows 2000 hingga Windows 7.
VIVAnews - Baru-baru ini marak terjadi hacking terhadap berbagai situs yang dilakukan oleh hacker asal China. Serangan memanfaatkan celah keamanan yang ada pada browser Microsoft, dokumen Adobe, dan lain-lain.

Untuk itu, Microsoft, Adobe dan Oracle telah merilis atau menjadwalkan untuk merilis update keamanan demi mengatasi kerentanan keamanan produk mereka.

Microsoft contohnya. Mereka telah mengeluarkan satu bulletin keamanan hanya untuk mengatasi satu kerentanan keamanan. Meskipun demikian, Microsoft mengkategorikan kerentanan keamanan tersebut sebagai kritikal.

“Satu kerentanan keamanan dari Microsoft ini mempengaruhi semuanya, dari Windows 2000 hingga Windows 7, namun masuk kategori kritikal hanya untuk Windows 2000,” kata Ben Greenbaum, Senior Research Manager, Symantec Security Response, pada keterangannya, 20 Januari 2010.

“Dari Windows XP SP2 dan produk-produk sesudahnya, Microsoft telah memperkuat heap memori dengan strategi perlindungan heap memori,” kata Greenbaum. “Hal ini membuat kerentanan keamanan tidak terlalu menjadi persoalan untuk sistem-sistem yang lebih baru,” ucapnya.

Adobe juga menjadwalkan akan merilis update keamanan. Satu dari update yang diharapkan akan  menambal kerentanan keamanan kritikal zero-day yang mempengaruhi Acrobat dan Reader, yang pertama kali teridentifikasi pada 14 Desember lalu.

“Kami melihat kerentanan keamanan ini dieksploitasi secara aktif oleh penyerang,” kata Greenbaum. “Pada akhir Desember usaha penyerangan ini terlihat meningkat tajam kemudian menurun, namun kami tetap melihat serangan-serangan terbatas pada eksploitasi tersebut. Ada kemungkinan bahwa jenis eksploitasi yang lebih andal sedang dikembangkan,” ucapnya.

Oracle juga dijadwalkan akan merilis sebuah advisori yang mengatasi 24 kerentanan keamanan sekaligus sebagai bagian dari update keamanan per kuartal mereka.
Symantec sangat menganjurkan pengguna untuk menambal sistem mereka untuk mengatasi kerentanan keamanan ini. Selain itu, perusahaan-perusahaan juga dianjurkan untuk mempertimbangkan implementasi solusi patch management otomatis untuk membantu mengatasi resiko tersebut.

0 Response to "Kejahatan Dunia Maya Microsoft, Adobe, Oracle Siapkan Tambalan"

Posting Komentar